SMP NEGERI 2 Malang
Nomor Statistik Sekolah (NSS) :
201056101002
Nama Sekolah : SMP NEGERI 2 MALANG
Status Akreditasi Sekolah : A
Alamat : PROF. MOCH. YAMIN NO. 60
Telp : 0341-6481138
Email : info@smpn2-mlg.sch.id
Website : www.smpn2-mlg.sch.id
Nama Sekolah : SMP NEGERI 2 MALANG
Status Akreditasi Sekolah : A
Alamat : PROF. MOCH. YAMIN NO. 60
Telp : 0341-6481138
Email : info@smpn2-mlg.sch.id
Website : www.smpn2-mlg.sch.id
Profile Sekolah
VISI
“UNGGUL DALAM MUTU
BERPIJAK PADA BUDAYA BANGSA”
INDIKATOR :
1. Unggul dalam pengembangan kurikulum
3. Unggul dalam proses pembelajaran berdasarkan Imtaq
4. Unggul dalam proses pembelajaran berdasarkan Iptek
5. Unggul dalam SDM yang didasari dengan Imtaq
6. Unggul dalam Prestasi Akademik
7. Unggul dalam Prestasi Non Akademik
8. Unggul dalam Kelulusan
9. Unggul dalam Penggalangan Pemberdayaan Pembiayaan Sekolah
1. Unggul dalam pengembangan kurikulum
3. Unggul dalam proses pembelajaran berdasarkan Imtaq
4. Unggul dalam proses pembelajaran berdasarkan Iptek
5. Unggul dalam SDM yang didasari dengan Imtaq
6. Unggul dalam Prestasi Akademik
7. Unggul dalam Prestasi Non Akademik
8. Unggul dalam Kelulusan
9. Unggul dalam Penggalangan Pemberdayaan Pembiayaan Sekolah
MISI :
1. Mengembangkan kurikulum
2. Meningkatkan dan mnengembangkan Media Pembelajaran
3. Mengoptimalkan tenaga kependidikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara disiplin.
4. Mengembangkan kwalitas kinerja tenaga kependidikan dan tenaga administrasi
5. Melaksanakan pembelajaran yang effektif dan efisien
6. Melaksanakan penilaian secara periodik
7. Mengoptimalkan kegiatan pengembangan diri
8. Meningkatkan dan mengoptimalkan mutu lulusan
9. Menggalang partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah baik fisik maupun non fisik
1. Mengembangkan kurikulum
2. Meningkatkan dan mnengembangkan Media Pembelajaran
3. Mengoptimalkan tenaga kependidikan dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara disiplin.
4. Mengembangkan kwalitas kinerja tenaga kependidikan dan tenaga administrasi
5. Melaksanakan pembelajaran yang effektif dan efisien
6. Melaksanakan penilaian secara periodik
7. Mengoptimalkan kegiatan pengembangan diri
8. Meningkatkan dan mengoptimalkan mutu lulusan
9. Menggalang partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah baik fisik maupun non fisik
SEJARAH SMP NEGERI
2 MALANG
Seiring dengan penataan kembali SMP
di kota Malang dan perkembangan jumlah lulusan SD, maka Pemerintah Kota Malang
berusaha terus menambah SMP Negeri baru sejak tahun pelajaran 2005/2006 telah
berdiri SMP Negeri sebanyak 24 buah.
Sekolah yang dulunya merupakan sebuah
tangsi (markas) Belanda dan Jepang, setelah kemerdekaan tempat ini digunakan
untuk sekolah SMP yang dikelola oleh sebuah yayasan PGI (Persatuan Guru
Indonesia) sehingga diberi nama SMP PGI. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan
Pengajaran dan Kebudayaan No. 3957 B, tanggal 3 Juni 1950 dan untuk
menyempurnakan penyelenggaraan pelajaran maka pengelolanya diambil alih oleh
Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan yang selanjutnya diberi nama
SMP Negeri II Malang, Pada saat pertama kali SMP ini diresmikan dipimpin oleh
Pjs Mochammad Soekarto yang sekaligus merupakan Kepala Sekolah pertama.
Dilihat dari jumlah gedung pada saat
SMP berdiri ada 16 ruang belajar dan dengan berjalannya waktu SMP Negeri 2
Malang sudah memiliki 27 ruang kelas belajar dan 15 ruang pendukung Kegiatan
belajar Mengajar.
Dengan sarana prasarana yang telah
mencukupi maka SMP Negeri 2 Malang sejak tahun pelajaran 2004/2005 masuk pagi
seluruhnya. SMP NEGERI 2 MALANG termasuk SEKOLAH
STANDAR NASIONAL (SSN) dng. No. 960/C3/Kp/2005 Ttg. Penetapan Sekolah Menengah
Pertama Standar Nasional th. Anggaran 2005
Fasilitas Sekolah
Lab Komputer
Teknologi komputer merupakan konsep
yang sangat luas, kompleks dan komprehensip serta memberikan kekuatan baru
dalam meningkatkan kemampuan peseta didik.Komputer suatu perkembangan teknologi
yang memungkinkan untuk memperoleh informasi yang banyak dan cepat serta mudah
dari berbagai belahan dunia. Karena itu diperlukan kemampuan cara mendapatkan,
memilih dan mengelola produk teknologi informasi secara mudah diterapkan pada
peserta didik.
Melihat substansi pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang baru ditetapkan dalam kurikulum
tingkat satuan pendidikan saat ini di butuhkan sarana komputer yang memadai dan
bermutu. Sarana pendidikan sebagai salah satu komponen yang sangat penting
dalam proses pembelajaran. Karena dengan sarana pendidikan yang lengkap dan
bermutu kualitas pembelajaran akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa
akan meningkat. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap yang pada
akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.
Lab IPA
Proses Kegiatan blajar mengajar
(KBM) dikatakan tuntas tidak secara teori saja, tetapi harus ditunjang dengan
kegiatan praktikum
Apalagi khusus untuk bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi) praktikum sangat menunjang
Apalagi khusus untuk bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi) praktikum sangat menunjang
Sebab selain teori siswa juga harus
menguasai prakteknya. Kenyataan, proses KBM seperti itu tidak terjadi.
Terkadang ada seorang guru yang rajin dan pandai dalam menyampaikan materi
pelajaran, tetapi ketika ujian tengah smester atau ujian Nasional hasilnya
masih mengecewakan.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan
belum berhasilnya proses KBM IPA.
- Pertama adalah faktor guru.
Perlu diketahui pelajaran IPA (baca Fisika) merupakan mata
pelajaran yang biasanya paling ditakuti oleh siswa. Pelajaran ini dianggap
sebagai momok yang menakutkan, maka tak ayal jika guru yang bersangkutan masuk
kelas, siswa sudah trauma dan stres
Kalau sudah begitu, proses KBM pasti tidak akan berlangsung dengan baik. Apalagi kalau gurunya maaf Killer, pasti siswanya akan semakin takut
Kalau sudah begitu, proses KBM pasti tidak akan berlangsung dengan baik. Apalagi kalau gurunya maaf Killer, pasti siswanya akan semakin takut
-Kedua, faktor intelegensi (IQ) dan
kondisi siswa.
Meski tidak semuanya, IQ siswa sangat berpengaruh terhadap mata
pelajaran yang lain.
-Ketiga, minimnya ketersediaan
peralatan laboratorium.
Untuk laboratorium ini tidak hanya labiratorium IPA, tetapi juga
laboratorium Bahasa dan Komputer.
Khusus untuk pelajaran IPA, keberadaan laboratorium IPA sangat
dibutuhkan sebab selain teori siswa juga harus bisa memahami dan mengerti
secara langsung yang didapat melalui praktek.
Yang terjadi sampai saat ini banyak sekolah yang belum memiliki
laboratorium. Akibatnya ketika siswa menemukan soal yang berkaitan dengan
analisa tentang praktikum pasti tidak akan bisa menjawabnya.
Agar proses KBM pelajaran IPA bisa berhasil dan disukai siswa,
fihak sekolah harus memulaiberbenah diri
Untuk guru bidang studi IPA, harus dipilih guru yang benar-benar
profesional.
Guru IPA diupayakan orang yang berjiwa periang sabar dan bisa
melucu. Sehingga kesan guru IPA killer dan menakutkan tidak terjadi lagi.
Lab Bahasa
Di era globalisasi seperti saat ini
kemampuan penguasaan Berbahasa. Baik Bahasa asing khususnya bahasa
Inggris maupun Bahasa
Indonesia sangat diperlukan. Apalagi Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat diperlukan untuk dapat
bersaing di kancah persaingan global dan pasar bebas. Kemampuan bahasa yang
baik akan membuat kita mudah untuk berbicara dengan para investor asing.
Sehingga dapat meningkatkan perekonomian kita.
Namun sangat disayangkan
kemampuanberbahasa asing, bahasa Indonesia, maupun Bahasa tradisional kebanyakan
penduduk di Indonesia masih jauh dibawah rata-rata. Kurangnya kemampuan berbahasa asing, bahasa Indonesia, maupun Bahasa tradisional inilah yang menimbulkan kesulitan
tersendiri bagi warga negara Indonesia yang akan bersekolah atau bekerja di
luar negeri. Dalam proses belajar-mengajar sehari hari di sekolah masih banyak
ditemui siswa yang tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa asing, bahasa Indonesia, maupun Bahasa tradisional secara
baik dan benar, sehingga menyulitkan siswa dalam mencapai prestasi belajar yang
maksimal. Hal tersebut perlu mendapat perhatian yang serius dari penyelenggara
pendidikan.
Untuk meningkatkan penguasaan
dibidang bahasa, baik bahasa asing, bahasa Indonesia,maupun Bahasa tradisional, maka
diperlukan pengadaan lab bahasa
atau laboratorium bahasa sebagai sarana pembelajaran. Diharapkan program pengajaran bahasa asing, bahasa Indonesia, maupun Bahasa tradisional akan
menjadi semakin baik, sehingga sekolah dapat mencetak lulusan-lulusan yang
mempunyai kemampuan berbahasa, baik bahasa asing, bahasa Indonesia, maupun Bahasa tradisional yang
baik dan siap menghadapi persaingan di kancah global.
Perpustakaan
Salah satu sarana dalam menunjang
proses belajar dan mengajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan
sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan
guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian
yang integral pembelajaran. Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus
sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu
yang sesuai kurikulum menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan
penunjang lain, misalnya berkaitan dengan peristiwa penting yang diperingati di
sekolah.
Lapangan Upacara
Kami memiliki Lapangan Upacara sekaligus
sebagai Panggung Terbuka dan Lapangan Volley
Ball. Selain itu,lapangan tersebut digunakan untuk latihan PBB,
kepramukaan serta kegiatan lainnya.
Hotspot area
SMPN 2 Malang mempunyai fasilitas
penunjang bagi internal baik guru, siswa maupun tamu untuk mengakses internet
menggunakan fasilitas WIFI. Hotspot ini dibuat untuk kemudahan dan akses cepat
dalam memperoleh berita. Begitu pertama kali WIFI ini beroperasi, sebagian
besar dapat menikmatinya secara keseluruhan, selain melalui komputer, laptop
maupun Handphone yang telah memiliki fasilitas koneksi Wireless.
Taman Sekolah
Keadaan udara di SMP Negeri 2 Malang
sangat nyaman sebab disekolah kami banyak tumbuh pohon-pohon besar sehingga
udaranyapun sangat sejuk walaupun sekolah kami terletak ditengan pusat
keramaian kota Malang.
Selain ditumbuhi pohon yang besar disekolah kamipun banyak taman yang menghiasi seluruh sudut-sudut sekolah.
Selain ditumbuhi pohon yang besar disekolah kamipun banyak taman yang menghiasi seluruh sudut-sudut sekolah.
Aktivitas
Extrakurikuler
|
NO
|
JENIS EKSKUL
|
HARI/JAM
|
TEMPAT
|
PEMBINA
|
|
1
|
Seni tari
|
Senin
12.45—14.45
|
AULA SMP 2
|
Sutiawati, S.Pd.
|
|
2
|
Karawitan
|
Senin
12.45—14.45
|
AULA SMP 2
|
Daljadi
|
|
3
|
Teater
|
Senin
13.00—15.00
|
Lapangan UpacaraKelas 8E
|
M. Imam Khasan,S.Pd.
|
|
4
|
Tartil Al-qur’an
|
Selasa
12.45—14.45
|
Masjid SMP 2
|
Fajar Wahyudi
|
|
5
|
Hadrah
|
Sabtu
13.00—15.00
|
Masjid SMP 2
|
Cholis Safroni
|
|
6
|
Paskibra
|
Selasa
12.45—14.45
|
Lapangan UpacaraKelas 9C
|
Ramondya P.Novita Emy
|
|
7
|
Karate
|
Rabu
13.00—15.00
|
AULA SMP 2
|
Ir. Alpha IndraDeni Firmansyah
|
|
8
|
Jurnalistik
|
Rabu
12.45—14.45
|
Ruang kelas 8A dan Kelas 8B
|
Retno Istiqomah
|
|
9
|
Catur
|
Senin
12.45—14.45
|
Lab. Fisika
|
Harjono, S.Pd.
|
|
10
|
Bola Volley
|
Rabu
14.00—16.00
|
Lap. Bola Volley
|
Mudji Slamet, S.Pd.Ari Prayoga
|
|
11
|
Ensamble Musik
|
Kamis
12.45—14.45
|
Lab. Musik
|
Bambang Rudi
|
|
12
|
PMR
|
Kamis
12.45—14.45
|
Ruang kelas 8C dan kelas 8D
|
Ari RamadhaniFarikah
|
|
13
|
Bola Basket
|
Rabu
14.00—16.00
|
Lap. Bola Basket
|
Taufan FirdiansyahKusrin
|
|
14
|
Pramuka
|
Jumat
13.30—15.30
|
Lap. UpacaraRuang kelas 9C
|
SugionoWindi Sulistiawan
|
|
15
|
Pramuka
|
Sabtu
12.45—14.45
|
Lap. Upacara
|
SugionoOrnela
|












Tidak ada komentar:
Posting Komentar